5 Manfaat Melakukan Diversifikasi Investasi bagi Para Investor

  • Whatsapp
5-Manfaat-Melakukan-Diversifikasi-Investasi-bagi-Para-Investor
Foto dari Canva

Dalam dunia investasi kita mengenal istilah diversifikasi. Diversifikasi ini menjadi salah satu tindakan yang sangat direkomendasikan bagi para investor. Diversifikasi investasi merupakan sebuah tindakan untuk meletakkan dana yang dimiliki ke beberapa jenis instrumen investasi. Ternyata hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh semua investor, baik investor pemula atau yang sudah punya pengalaman.

Manfaat Diversifikasi

Banyak sekali jenis instrumen investasi yang ada di sekitar kita sehingga diversifikasi sebenarnya cukup mudah dilakukan. Tentu saja langkah diversifikasi ini memang bisa mendatangkan banyak manfaat hingga direkomendasikan untuk para investor. Berikut adalah 5 manfaat melakukan diversifikasi yang bisa dirasakan oleh investor:

1. Menurunkan Risiko

Manfaat pertama dari diversifikasi ini adalah menurunkan risiko yang bisa ditanggung oleh investor saat berinvestasi. Ada pepatah mengatakan, jangan letakkan semua telurmu di tempat yang sama. Ketika wadah telur itu mengalami kerusakan maka semua telur akan rusak. Lain halnya jika telur disimpan di tempat yang berbeda-beda.

Setiap instrumen investasi memiliki risiko masing-masing. Peluang rugi dari setiap jenis instrumen investasi pasti ada. Tentunya hal ini membuat Anda sangat disarankan untuk diversifikasi aset investasi yang dimiliki. Jadi ketika ada penurunan nilai dari satu aset Anda tetap ada cadangan aset lain di instrumen yang berbeda.

2. Meningkatkan Return

Semakin banyak instrumen investasi yang dimiliki maka akan semakin besar juga return yang didapatkan. Misalnya, Anda investasi dalam bentuk emas dan saham. Artinya ada dua sumber keuntungan yang akan anda dapatkan dari dua jenis aset yang sudah Anda miliki. Berarti return yang akan Anda nikmati juga sudah pasti akan jauh lebih besar.

Dalam dunia investasi, Anda memang tidak hanya bisa mengandalkan satu jenis instrumen. Anda mungkin akan mendapatkan keuntungan atau return dari satu instrumen namun akan jauh lebih baik lagi jika bisa menikmati dari beberapa sumber. Bukankah semakin banyak return yang didapat maka akan semakin memuaskan bagi Anda?

3. Menambah Pengalaman

Diversifikasi investasi juga akan membuat Anda semakin berpengalaman dalam dunia investasi. Perlu diketahui bahwa investasi memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Anda perlu belajar dan mendapatkan banyak pengalaman agar semakin sukses mengelola uang lewat jalur investasi ini.

Semakin banyak instrumen investasi yang digunakan maka semakin banyak juga pengetahuan investasi yang didapat. Pengalaman Anda dalam berinvestasi juga akan terus bertambah. Hal ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai investor karena bisa memahami berbagai jenis aset investasi secara optimal.

4. Membuat Investor Semakin Bijak

Meletakkan uang di beberapa jenis instrumen investasi juga akan membuat Anda semakin bijak dalam mengelola uang. Artinya, Anda harus bisa konsisten investasi di beberapa jenis instrumen. Tantangan ini akan membuat Anda semakin bijak menggunakan uang agar semua instrumen investasi bisa bekerja optimal. Dengan begitu Anda juga akan jadi lebih hemat.

5. Mempermudah Pencapaian Tujuan

Setiap orang memiliki tujuan investasi masing-masing. Diversifikasi dalam dunia investasi ini juga akan membantu Anda lebih mudah dalam mencapai tujuan. Mengandalkan satu jenis aset atau instrumen investasi mungkin membuat Anda sulit mencapai tujuan apalagi jika return-nya fluktuatif. Namun jika ada beberapa instrumen yang diandalkan maka tujuan investasi ini akan lebih mudah tercapai.

Itulah tadi 5 manfaat diversifikasi investasi yang penting untuk Anda lakukan. Banyak jenis instrumen yang bisa dicoba seperti investasi saham, Reksadana, dan P2P lending. Pilih mana yang paling menguntungkan dan pastikan Anda memahami instrumen tersebut sebelum menggunakannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.