Mengenal MVP dan Tujuan untuk Bisnis Anda

Mengenal-MVP-dan-Tujuan-untuk-Bisnis-Anda
Foto dari Canva

Bisnis startup menjadi tren kekinian yang menciptakan perubahan ekonomi luar biasa. Namun, ada pula faktor risiko yang cukup tinggi melanda bisnis saat meluncurkan produk pertama kali. Bisa jadi produk yang dirilis tidak memiliki peminat sehingga memberikan risiko kerugian yang cukup besar. Oleh sebab itu, Anda wajib tahu dan mengenal MVP sebagai solusi meluncurkan produk untuk perusahaan startup.

5 Tujuan MVP yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal MVP atau Minimum Viable Product sangat penting guna menekan risiko kerugian saat meluncurkan produk pada masyarakat. MVP adalah produk yang memiliki beberapa fitur dasar yang bisa menarik pengguna pertama kali. Nantinya produk MVP ini bisa menjadi acuan perusahaan untuk merilis produk yang sesungguhnya setelah mendapatkan feedback dari pengguna. Perusahaan akan memiliki bahan masukan positif dan negatif dari pengguna yang berguna dalam pengembangan lanjutan.

Berikut tujuanĀ  MVP untuk bisnis Anda yang perlu dipahami yaitu :

1. Bisa segera meluncurkan produk

Sebagai pebisnis yang telah melakukan riset berbulan-bulan, bahkan tahunan pun, Anda bisa segera meluncurkan produk kepada sasaran pasar. Tentu contoh produk yang memiliki rangkaian fitur dasar produk akhir Anda bisa dirilis bertepatan dengan momen penting sesuai rencana perusahaan.

2. Bisa menguji produk pada pengguna yang sebenarnya

Tujuan dari MVP adalah menguji produk langsung pada target pasar sehingga bisa melihat potensi penjualan produk akhir kelak. Bagaimana produk tersebut benar-benar sesuai kebutuhan atau memiliki kendala di lapangan. Manfaat MVP bisa membantu bisnis Anda melakukan pengujian secara real pada pengguna yang sebenarnya, lho!

3. Bisa membantu penghematan perusahaan

Sebelum meluncurkan produk dalam jumlah yang banyak, adanya MVP membantu bisnis untuk menghemat anggaran perusahaan. Apalagi bisnis yang Anda bangun masih belum memiliki keuangan yang bagus, meluncurkan MVP demi mendapatkan ulasan dari pengguna asli bisa membantu analisa pasar kedepannya. Setidaknya Anda bisa menghemat pengeluaran lebih optimal dibandingkan langsung meluncurkan produk dalam jumlah lebih banyak.

4. Bisa meminimalisir risiko kerugian

Produk yang diluncurkan di pasaran jelas memiliki risiko untung atau rugi. Dalam dunia bisnis, Anda memang harus siap secara matang menerima segala risiko dari peluncuran produk. Meskipun demikian, Anda yang memilih meluncurkan MVP lebih dulu bisa menekan risiko kegagalan lebih kecil.

Setidaknya Anda bisa meminimalisir risiko kerugian bisnis yang disebabkan produk ternyata memiliki kekurangan di pasaran. Produk tidak laku atau menumpuk di gudang jelas membuat bisnis Anda mengalami masalah keuangan. Anda perlu menganalisa perilaku konsumen dan harapan produk bakal laris manis sesuai rencana bisnis dengan meluncurkan MVP, ya!

5. Bisa menjadi solusi pengembangan produk akhir

Manfaat dari MVP bisa membantu bisnis Anda terus melakukan evaluasi dari hasil feedback pasar. Ulasan dari pengguna asli menjadi referensi untuk melakukan inovasi dan penyempurnaan produk akhir sebelum diluncurkan bebas di pasaran nanti. Kekurangan-kekurangan produk sebelumnya menjadi kunci Anda untuk mengembangkan dan membuat produk menjadi lebih sempurna. Manfaat masa depan pada produk yang laris manis tentu menjadi dambaan semua bisnis, bukan?

Dari beberapa manfaat MVP di atas, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan inti produk yang sesuai dengan audiens. Perusahaan bisa lebih fokus mengenalkan visi dan misi, mengembangkan hubungan lebih baik dengan pelanggan, fleksibilitas dan pembaharuan produk lebih konstan, dan lain-lain. Yuk, mengenal MVP dan mempelajari karakteristik utama agar Anda bisa menciptakan contoh produk yang mampu menarik minat audiens tepat sasaran, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.