Pasang AC Tanpa Bikin Listrik Membengkak, Simak Tips Ini!

Pasang-AC-Tanpa-Bikin-Listrik-Membengkak-Simak-Tips-Ini
Foto dari Canva

AC 1 PK low watt merupakan salah satu elektronik rumah tangga yang wajib ada di rumah Anda, apalagi ukuran ruangan yang lebih besar. Pemakaian AC 1 PK yang memiliki daya rendah lebih diutamakan untuk menghemat biaya listrik bulanan. Kenyamanan Anda beristirahat atau beraktivitas di dalam rumah tidak akan terganggu dengan tagihan yang membengkak, bukan?

Tips Menghemat Pemakaian AC untuk Efisiensi Listrik

Pemakaian listrik yang berlebihan tidak hanya membuat kantong bolong, tetapi Anda juga bisa berkontribusi dalam menjaga pemakaian energi lingkungan. Supaya Anda bisa menghemat biaya listrik bulanan setelah pemasangan AC, maka simak tips bermanfaat berikut :

1. Pilih AC yang berkualitas

Dalam artian ini, AC berkualitas memiliki makna AC dengan PK rendah sesuai kebutuhan ruangan. Bila ukuran kamar Anda lebih kecil, maka pilih AC ½ PK saja. Anda yang punya ruangan berukuran sekitar 18 meter persegi, maka bisa memilih AC 1 PK yang hemat energi. Pastikan ada fitur inverter dengan keunggulan low watt yang bisa menghemat pemakaian listrik hingga 30 persen setiap bulannya.

2. Atur suhu dengan baik

Untuk menjaga pemakaian listrik tidak begitu membengkak, maka Anda bisa mengatur suhu dengan baik. Caranya hindari mengatur suhu AC dibawah 24 derajat celsius, apalagi cuaca tidak sedang panas-panasnya. Pengaturan suhu yang tidak terlalu rendah bisa membuat listrik Anda lebih hemat.

3. Membersihkan AC secara berkala

AC yang terlalu lama dipakai tanpa pernah dibersihkan memiliki risiko komponen lebih cepat rusak. Hal ini dikarenakan penumpukan kotoran pada filter, gulungan kondensor dan lain-lain. AC akan bekerja lebih keras dalam mendinginkan suhu di ruangan sebab ada banyak tumpukan debu dan kotoran lain. Melakukan service berkala pada AC juga direkomendasikan untuk menjaga komponen tetap awet dan bekerja optimal.

4. Memasang timer AC

Saat Anda hendak beristirahat, tidak ada salahnya untuk memasang timer AC agar AC bisa mati setelah pemakaian beberapa lama. Biarkan AC bekerja mendinginkan ruangan selama beberapa saat, kemudian Anda tidak perlu cemas lupa mematikan AC yang sudah terpasang fitur timer ini. Bila memang bepergian, cek kembali kondisi AC dan matikan segera demi menghemat pemakaian energi setiap bulannya.

5. Menerapkan kebiasaan pemakaian AC yang baik

Kebiasaan dalam memakai AC 1 PK low watt yang baik adalah tidak membuka atau menutup pintu terlalu sering, hindari membuka jendela atau ventilasi udara yang berukuran besar terlalu lama saat AC dinyalakan, dilarang menyalakan AC langsung setelah dimatikan, dan rajin menjaga kebersihan ruangan. Ruangan yang terlalu kotor bisa membuat filter AC bekerja terlalu keras dalam mendinginkan udara sebab debu dan kotoran menumpuk di sana.

Bila Anda berencana menikmati udara segar atau sinar matahari secara langsung di kamar atau ruangan lain, usahakan untuk mematikan AC lebih dulu. Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan bisa membuat kinerja mesin AC kurang efektif dalam mendinginkan ruangan sekaligus bisa membuat listrik Anda membengkak. Tutup gorden dan jendela rapat saat menyalakan AC di ruangan mana pun, ya!

Dari beberapa tips pemakaian AC yang lebih hemat energi di atas, Anda wajib menerapkannya mulai sekarang juga. Usahakan membeli produk AC 1 PK low watt yang sudah terbukti mampu meningkatkan efisiensi pemakaian energi listrik di rumah. Upaya Anda memakai produk AC yang dilengkapi teknologi mutakhir untuk menghemat energi bisa menjadi salah satu kontribusi menangani climate change beberapa waktu terakhir, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.