Suka Fotografi? 5 Profesi Ini Akan Cocok untuk Anda

  • Whatsapp
Beberapa-Kesalahan-Umum-Penggunaan-Grammar
Foto dari Canva Pro

Mendalami ilmu fotografi merupakan investasi yang sangat bagus. Hobi fotografi dapat memberikan kesempatan besar bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini sehingga kamera DSLR yang dimiliki sebagai koleksi tidak menjadi sia-sia.

Hobi fotografi bukan sekadar mengambil gambar, tapi juga menyimpan kenangan dan dapat dijadikan sebagai lahan bisnis juga. Oleh sebab itu, hobi fotografi selain membuat hati senang juga dapat mendatangkan uang.

Profesi untuk pecinta fotografi

Tahukah Anda bahwa profesi fotografer bukan hanya digunakan untuk memotret manusia saja, seperti di acara pernikahan, ulang tahun, atau perayaan lainnya. Maupun hanya pekerjaan yang berhubungan dengan dunia berita saja. Akan tetapi, beberapa profesi berikut ini juga dapat dilakukan oleh orang yang hobi fotografi:

1. Fotografer Makanan

Bisnis kuliner belakangan ini sangat berkembang di tanah air, terutama kafe-kafe kekinian dengan konsep bukan hanya menyediakan makanan dan minuman, tapi juga menyediakan spot foto. Saat ini bisnis makanan lebih fokus pada promosi di dunia maya sehingga banyak membutuhkan promosi di berbagai media sosial, website, ataupun e-magazine.

Oleh sebab itu, jasa fotografer makanan saat ini sangat dicari. Namun, pekerjaan fotografer makanan bukan asal jepret, harus membuat makanan tersebut tidak hanya cantik, tapi juga membuat orang ingin melahapnya.

2. Fotografer Komersial

Kamera DSLR yang Anda miliki bisa saja digunakan untuk mencari nafkah sebagai fotografer komersial. Seperti namanya, jenis pekerjaan ini mengambil foto untuk berbagai kebutuhan komersial, baik itu produk, poster, kalender, dan berbagai kebutuhan promosi produk lainnya.

Peluang kerja di bidang ini masih sangat besar, sebab di Indonesia masih jarang fotografer mengambil spesialisasi fotografi jenis ini. Jika Anda tertarik, harus mempelajari teknik pengambilan gambar komersial agar pengguna jasa memilih menggunakan jasa Anda.

3. Fotografer Fashion

Dunia fashion sangat dinamis. Selalu saja ada fashion item baru yang muncul dan diluncurkan ke pasaran. Nah, tugas para fotografer lah untuk menghasilkan foto-foto ciamik sehingga menampilkan visual indah dan mencuri perhatian.

Baik mengambil foto pada peragaan busana maupun foto studio atau luar ruangan, seorang fotografer fashion harus bisa memperlihatkan detail pakaian yang dikenakan para model sehingga dapat menarik minat konsumen.

4. Fotografer Perjalanan

Anda merupakan orang yang menyukai perjalanan ke tempat-tempat baru dan suka berpetualang? Selain itu, juga menyukai fotografi dan mengambil foto hasil perjalanan Anda? Nah, jenis pekerjaan fotografer perjalanan akan sangat cocok sebagai profesi Anda.

Dengan menjadi fotografer perjalanan, hasil jepretan yang diambil dari perjalanan yang dilakukan akan mendapatkan bayaran. Anda bisa bekerja di dinas pariwisata atau menjadi promotor wisata. Selain itu, juga dapat menjadi fotografer di majalah travel atau menjadi pemandu wisata.

5. Fotografer Arsitektur

Bisnis properti pun membutuhkan jasa para fotografer. Jenis pekerjaan ini menjadikan bangunan sebagai objek foto dan harus bisa menunjukkan kelebihan yang dimiliki bangunan tersebut dalam sebuah cetakan foto terbaik.

Spesialisasi di bidang fotografi ini juga masih jarang di Indonesia. Sebab memerlukan keahlian khusus. Anda bukan saja wajib memiliki keterampilan fotografi untuk mengambil gambar terbaik, tapi juga pengetahuan di bidang arsitektur sehingga dapat menampilkan kelebihan bangunan dalam foto yang dihasilkan.

Bagi Anda yang punya hobi fotografi, beberapa jenis pekerjaan di atas dapat dipilih sebagai pilihan karier. Gunakan kamera DSLR Anda bukan hanya sebagai hobi, tapi juga sarana mendapatkan penghasilan. Baru mulai hobi fotografi? Jangan khawatir, segala kebutuhan fotografi Anda sekarang bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko daring dan marketplace.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *